Selasa, 11 Februari 2014

Yamaha Bisa Jegal Kawasaki Estrella Dengan Produk Lokal

Sebagaimana dilansir oleh tmcblog (disini) bahwa per 9 Januari 2014 kemarin Kawasaki Indonesia telah merilis kode TPT BJ250L yang disinyalir motor retro sport Estrella 250 yang kemungkinan akan diimpor secara CBU dari Jepang. Secara visual, motor ini benar - benar diset supaya terlihat jadoel. Dengan memasukkan Estrella secara CBU tentunya Kawasaki menyasar market yang sangat segmented, yaitu menyasar konsumen yang ingin tampil beda (klasik) dan eksklusif karena harga yang dipatok pasti akan tinggi sehingga pemiliknya pun tidak akan sebanyak motor - motor kelas 250cc lainnya. Meskipun tidak banyak fitur yang ditawarkan, bahkan powernya pun hanya 17.4hp/7.500rpm dan 18.3N.m/5.500rpm.
Kawasaki Estrella 250
Hal ini dilakukan Kawasaki untuk memperkuat image di mata konsumen sebagai produsen motorsport dengan tipe terlengkap (sport, naked, trail, mini trail, retro). Sebelumnya, Kawasaki telah merilis sport fairing dan naked bike 250cc yang mulai diikuti jejaknya oleh kompetitor - kompetitor lainnya. Honda dengan CBR250, Suzuki dengan Inazuma250 dan Yamaha yang akan merilis R25. Setelah merilis sport fairing R15 dan R25 pada tahun ini, Yamaha berpeluang menjegal Kawasaki Estrella yang akan masuk secara impor dengan produk serupa dengan rakitan lokal. Adapun modelnya bisa mencomot milik Yamaha SR400 yang diproduksi oleh Yamaha Motor Italy, sedangkan rangka dan mesinnya bisa menggunakan part milik Yamaha Scorpio225 dengan penyesuaian model blok mesin dan silinder supaya terlihat klasik. Yamaha Scorpio sendiri sering dijadikan bahan modifikasi oleh bengkel modifikasi Deus Ex Machina menjadi model klasik dan terjual dengan harga paling murah 120 juta (disini). Saat ini power Yamaha Scorpio dengan kubikasi mesin 225cc adalah 18.0hp/8.000rpm dan 17.5N.m/6.500rpm, tentu akan lebih bertenaga jika kubikasi dinaikkan menjadi 250cc mengikuti Kawasaki Estrella 250.
Yamaha SR400 dan Scorpio225
Bermodalkan mesin yang lebih bertenaga, penggunaan commonpart yang ada dari Yamaha Scorpio dan rakitan lokal dimana harga jual bisa lebih kompetitif, tentu Yamaha lebih diuntungkan dibandingkan sang kompetitor Kawasaki Estrella. Bagaimana menurut para pembaca ?
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar