Selasa, 04 Februari 2014

125ZR Sang Spesies Terakhir 2Tak Yamaha Malaysia

 Saat ini, dimana para produsen sepeda motor berlomba - lomba menelurkan produk 4 tak yang stylish dan powerfull ternyata masih ada beberapa varian 2 tak yang tetap diproduksi oleh produsen sepeda motor tersebut. Selain Kawasaki dengan varian Ninja150, Yamaha juga masih memproduksi varian 2 tak, yaitu Yamaha 125ZR. Meskipun jika dilihat secara sekilas modelnya agak ketinggalan zaman yang mirip dengan varian Yamaha Indonesia F1ZR, namun secara spek mesinnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut ini spek teknisnya :
Tidak main - main bukan speknya. Dengan bobot kering 101 Kg motor ini memiliki power to weight ratio (PWR) 0.173 Ps/Kg. Sekedar bahan perbandingan, mari kita bandingkan dengan sepeda motor yang saat ini paling digandrungi anak muda, yaitu Yamaha Vixion Lightning dan Suzuki Satria FU.
Nah, dari tabel di atas dapat kita bandingkan besaran PWR masing - masing motor. Yamaha New Vixion Lightning yang SOHC 4 valve dengan berat isi 129 Kg memiliki PWR 0.129 Ps/Kg, sedangkan Suzuki Satria FU DOHC 4 valve dengan berat kering 95 Kg memiliki PWR 0.168 Ps/Kg. Dari sini terlihat jelas bahwa terlepas dari pro dan kontra mengenai konsumsi BBM mesin 2 tak dan emisi yang dihasilkan, ternyata kesederhanaan mekanikal mesin 2 tak mampu menandingi mesin 4 tak dengan teknologi yang lebih maju bahkan dengan cc yang lebih besar.
Semoga bermanfaat.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar