Sabtu, 15 Februari 2014

Kawasaki Ninja 250SL Sang Pengganti Ninja 150RR dan Sang Penantang CBR 250R

Tadi malam (14/02/2014) pihak Kawasaki Motor Indonesia secara resmi mengenalkan kepada publik mengenai produk baru mereka di kelas motorsport seperempat liter, yaitu Kawasaki Ninja 250SL. Motor yang memiliki desain racy seperti pendahulunya Ninja 250R ini digadang-gadang akan menggantikan posisi motorsport 2 tak Kawasaki Ninja 150RR yang akan discontinue pada Juli 2015 sekaligus diposisikan sebagai penantang produk kompetitor yang telah lebih dulu mengaspal yaitu Honda CBR 250R. Berbekal mesin 1 silinder DOHC berpendingin cairan dari KLX 250S motor ini memiliki power yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini di jajaran KMI terdapat 2 spesies motor 2 tak yaitu Ninja R/SS dan Ninja RR yang meskipun telah memenuhi EURO II namun lambat laun posisinya akan dilengserkan oleh motor 4 tak yang lebih ramah lingkungan. Selama ini Kawasaki dikenal sebagai produsen motorsport yang menawarkan power mesin di atas rata-rata, untuk itu pihak KMI tidak main - main dengan produk barunya tersebut yang diposisikan sebagai pengganti N150R/SS/RR. Dengan tawaran fitur dan power melimpah di N250SL diharapkan para antusias N150R/SS/RR mau menerima kehadirannya.

Ninja 150RR dan CBR 250R
Selain misi mereplacement Ninja 150S/R/RR ternyata KMI memiliki misi lainnya yaitu menjadikan N250SL ini sebagai sang penantang kompetitor Honda CBR 250R. Dengan sama - sama berbekal rangka teralis dan mesin 1 silinder DOHC berpendingin cairan, konsumen tentunya akan melihat fitur - fitur dan pricing yang ditawarkan. Produk mana yang menurut konsumen memiliki value lebih dan harga yang rasional itulah yang akan menjadi penguasa di segment seperempat liter 1 silinder. Dengan membandingkan ketiga produk tersebut akan terlihat mampukah sang Kawasaki Ninja 250SL menggantikan motorsport 2 tak legendaris Kawasaki Ninja 150S/R/RR sekaligus menjadi sang penantang untuk Honda CBR 250R.

Dari perbandingan tersebut di atas, terlihat Ninja 150RR memiliki PWR (power to Weight Ratio) tertinggi yaitu 0.21 hp/Kg, diikuti oleh Ninja 250SL sebesar 0.18 hp/Kg dan posisi buncit dihuni oleh CBR 250R sebesar 0.16 hp/Kg. Namun demikian, CBR 250R menawarkan torsi paling besar di kitiran mesin paling rendah yaitu 22.9 Nm di rpm 7.000 yang akan berpengaruh pada rendahnya konsumsi BBM. Dengan fitur yang dimiliki serta tawaran harga yang lebih rendah dari CBR 250R menurut pembaca sekalian mampukah Ninja 250SL menggantikan ketenaran Ninja 150RR dan menjadi penantang serius CBR 250R ?
Semoga bermanfaat.
Salam.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar