Jumat, 08 Agustus 2014

Toyota WISH, Kenyamanannya Melebihi MPV Produksi Dalam Negeri

Tidak terasa sudah lebih dari sebulan lamanya tidak posting artikel baru karena fokus dulu menyambut bulan suci Ramadhan 1435 H. Berhubung masih bulan Syawwal dan masih dalam suasana lebaran, saya ucapkan Selamat Iedul Fitri 1435 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin atas semua kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Masih berkaitan dengan lebaran tahun ini, kebetulan ambil cuti lebaran lebih awal berbarengan dengan libur sekolah anak. Ada banyak rencana dikemukakan oleh sang anak untuk mengisi libur lebaran kali ini, mulai dari silaturahmi ke tempat kakek neneknya di Boyolali, jalan - jalan ke Jogja sampai maen ke waterboom di area Solo dan sekitarnya. Atas dasar tersebut, lebaran tahun ini bakal banyak jadwal jalan - jalan bareng anak dan ponakan di kampung halaman. Supaya simpel, perlu sebuah alat transportasi yang mampu mengakomodir jumlah penumpang yang banyak serta mampu menawarkan kenyamanan bagi penumpangnya.
Pilihan yang memenuhi kategori di atas tentu jatuh kepada kendaraan jenis MPV, karena menawarkan ruang angkut untuk 7 penumpang plus ruang bagasi yang cukup. Dari beberapa merk MPV yang diproduksi dalam negeri ada beberapa pilihan, mulai dari Honda Mobilio yang saat ini sedang booming, Toyota Avanza sang penguasa market, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Nissan Grand Livina atau Toyota Innova yang menawarkan kenyamanan lebih diantara pilihan yang lainnya. Cukup pusing juga menentukan pilihan yang mana, mengingat masing - masing MPV menawarkan fitur - fitur dan kenyamanan yang saling melengkapi. Namun setelah mencoba browsing kesana kemari, akhirnya diputuskan untuk memboyong MPV Toyota WISH. Loh, kok Toyota WISH, kenapa ? Jika pertanyaannya kenapa, maka jawabannya adalah karena.
  • Karena memiliki fitur keamanan sebagaimana yang dimiliki oleh MPV yang beredar saat ini, sebutlah Dual SRS Airbag, Anti-Lock Breaking System, High Mount Stop Lamp LED dan Seat Belt sampai baris kursi ketiga.
  • Karena memiliki fitur kenyamanan yang berlimpah seperti Electric Mirror + Foldable, Fog Lamp, Optitron Meter, Multy Information Display, panel AC digital + Climate Control, Tilt Steering, Electronic Power Steering, Rear Wiper, Jok baris depan semi bucket, Jok pengemudi yang bisa diatur maju-mundur, ketinggian dan reclining, Jok baris kedua yang bisa digeser maju-mundur, Leg Room/ruang kaki dan Head Room yang luas di setiap barisnya serta tersedianya Cup Holder dan laci penyimpanan di setiap barisnya.
  • Karena menawarkan formasi pengaturan kursi dan bagasi yang fleksibel, dimana kursi baris ketiga dapat dilipat rata untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih luas, kursi baris kedua menganut porsi 40:60 yang bisa dilipat rata sebagian atau semuanya untuk mendapatkan volume ruang bagasi ekstra luas.
  • Karena merupakan MPV langka dan tidak pasaran serta memiliki fitur kemewahan yang tidak dimiliki oleh jajaran MPV produksi dalam negeri, yaitu adanya Power Moonroof yang dapat dibuka penuh maupun tilt ke atas.
Nah, atas dasar hal - hal tersebut di atas yang memantapkan hati untuk menjatuhkan pilihan kepada Toyota WISH tersebut. Tapi apa hanya hal - hal tersebut di atas yang membuat saya memilih WISH ? Tentu tidak, masih ada faktor lain yang mendukung seperti modelnya yang abadi dan tidak kalah dengan mobil keluaran baru, tipe mesin yang setipe dengan mesin Toyota Corolla Altis 1.8 yang sudah VVTi dan dilengkapi dengan transmisi matic 4 percepatan yang responsif serta konsumsi bbm yang irit, dimana untuk pemakaian dalam kota mampu tercatat sekitar 10.8 Km/L dan untuk luar kota sekitar 14.4 Km/L. Dan ternyata pilihan saya tidak salah, sepanjang perjalanan mudik dari Jawa Timur ke Jawa Tengah anak istri mengaku merasakan nyaman duduk di dalamnya, bahkan anak saya yang sudah kelas 3 SD pun bisa dengan nyaman tidur berbaring di jok baris kedua, sedangkan jok baris ketiga yang dilipat dapat buat menampung barang - barang keperluan pribadi selama liburan lebaran serta oleh - oleh buat sanak famili. Jalan - jalan dengan keluarga dan keponakan pun terasa nyaman dan lega dan tetap ekonomis. Saya telah memutuskan untuk memilih Toyota WISH, bagaimana dengan anda ?

Panel Optitron beserta layar MID
Power Moonroof

7 Seater
Kursi Baris 2 dan 3 Terlipat Rata
Cup Holder dan Laci di Kursi Baris 3
Panel Digital AC dan Transmisi Automatic 4 Speed

2 komentar:

  1. Bang Abe, keren banget Wish nya. sy tertarik jg sama Wish cm agak ngeri info spare part yg agak langka. Atau ada alternatif lain partsnya bang? Sy lokasi dimalang. Thanks infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sparepart mudah kok. Ada banyak bengkel yang nyediain. Kalau spareparts mesin bisa substitusi dengan mesin Toyota Altis. Untuk informasi lebih lanjut silahkan merapat ke grup facebook Toyota Wish Owner Indonesia.

      Hapus