Senin, 27 Januari 2014

Mereparasi Spion Toyota Great Corolla 1994


Hari senen ... bulan pertama .... di tahun baru 2014
Waktunya posting artikel pertama mengenai kreatifitas di tengah keterbatasan :D
Kali ini sekedar sharing pengalaman buat teman - teman semua pengguna Toyota Great Corolla atau yg lebih dikenal dengan "greco" mengenai perbaikan as spion elektrik yang patah. Beberapa waktu yang lalu, selesai berlibur bareng anak istri ke Pantai Indrayanti di daerah Gunung Kidul Yogyakarta, seperti biasa greco langsung menjalani ritual cuci body buat antisipasi uap garam laut yang bisa bikin kropos body mobil.
Anak semata wayang lagi main air
Nih pantai recomended dah buat dikunjungi dengan pasirnya yang putih, air lautnya yang jernih dan fasilitas umum yang tersedia disana cukup lengkap. Lanjut lagi ke greco :D. Selesai proses pengeringan dengan kanebo dan posisi sudah masuk garasi, saat ngelipat spion sebelah kanan keluar bunyi gemeretak dan spion langsung lemes seperti tidak terikat kencang. Asumsi pertama ada baut pengikat yang lepas atau malah ada bagian yang patah. Coba dibawa ke bengkel ternyata tidak mampu benerinnya. Coba ke Auto200 malah disarankan buat dilembiru "dilempar beli baru" ... :(. Yang bikin gak nahan nih, harganya. Untuk satu sisi spion greco dilepas seharga 2,3 jeti .... ampuuuun dah .... mahal amiiirrr :'(

Akhirnya coba - coba bongkar sendiri deh spion yang rusak. Untuk urut - urutan bongkarnya silahkan disimak :
  • Lepas plastik segitiga cover spion bagian dalam pintu yang terletak di atas door trim. Cukup dicongkel aja pakai jari tangan.
  • Lepas door trim dengan melepas 2 baut yang tertutup oleh plastik bulat. Saya yakin temen - temen semua dah paham lah urutan ini.
  • Lepas 3 baut pengikat spion di pintu mobil. Cabut kabel elektriknya dari soket yang berada di balik door trim. Skalian cabut spionnya deh.
  • Congkel pelan - pelan kaca spion dengan oben minus atau pakai jari - jari. Spion greco memiliki pengait berupa klip sebanyak 6 buah dan diberi perekat di bagian tengah kacanya.
Bagian belakang spion
  • Ternyata benar memang ada bagian yang patah, yaitu as spion yang berfungsi sebagai tempat pengikat spion dengan pernya.
Lingkaran merah menunjukkan posisi as yang patah, per serta ring pengunci per di asnya
  • Lepaskan rangkaian elektrik spion dari cover spionnya dengan melepaskan baut - baut pengikatnya. Baut yang di tengah tidak perlu dilepas. Jangan lupa lepaskan rangkaian kabel dari rumah soketnya supaya kabel bisa ditarik melewati as spion tersebut. Caranya cukup congkel dan dorong masing - masing kabelnya.
  • Lepaskan masing - masing rangkaian spionnya supaya mudah mereparasinya. Untuk baut - baut serta  item - item kecil tempatkan di wadah tersendiri supaya tidak tercecer. Jadinya seperti ini.
  • Waktunya mereparasi !! Berhubung as pengikat per patah, supaya spion bisa terikat dengan kencang kembali maka panjang per tersebut dipotong setengahnya. Kemudian batang as spion dibor dengan mata bor 1 mm untuk menempatkan batang penahan ring yang bertugas menahan per di as spion. Dan setelah selesai dan masing - masing bagian dirangkai, jadinya seperti ini.
Jreng jreeeng .... spion pun normal kembali dan siap dipasang ke pintu mobil.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Salam.





1 komentar:

  1. Thanks bro untuk informasi reparasi Spion Toyota Great Corolla.. Bermanfaat banget..

    BalasHapus