Minggu, 21 Juni 2015

Membuat Laci Dashboard Toyota ist Terang Benderang

Masih di hari weekend, kembali lagi mengisi aktifitas weekend di bulan Ramadhan ini dengan utak atik asyik mobil kesayangan Toyota ist. Melanjutkan edisi dua artikel sebelumnya (disini) dan (disini), kali ini masih berkaitan dengan bagian interior, yaitu laci center dashboard. Sebagaimana diketahui, pada bagian tengah di bawah deretan tombol A/C Toyota ist terdapat sebuah laci dengan cover kaca transparan yang didalamnya terdapat lampu penerangan berupa bohlam pijar dengan nyala lampu warna kuning. Nah, bagian ini yang akan saya oprek.

Caranya sangat mudah dan sederhana. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu peralatan dan bahannya. Untuk alat yang digunakan adalah obeng kembang / +, adapun bahan yang diperlukan hanyalah sebiji bohlam cabe LED warna putih atau sesuai dengan warna yang diinginkan. Setelah itu dimulai dengan membuka cover plastik yang memanjang di samping kiri dan kanan panel A/C dan laci. Caranya dengan menarik perlahan - lahan dimulai dari bagian atas/bawah terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir akan patah, karena kedua bagian ini hanya diikat oleh klip penahan, bahan plastiknyapun cukup tebal dan kuat.

Setelah kedua bagian plastik penutup tersebut berhasil tercabut, akan terlihat 4 buah baut pengikat laci tersebut. Lepaskan keempat baut tersebut dengan menggunakan obeng +. Setelah itu tarik keluar secara perlahan laci dari dashboard. Jangan lupa posisikan tuas transmisi di posisi N atau D, karena jika tidak digeser akan menghalangi saat menarik keluar laci terebut. Lepaskan soket kabel lampu yang terikat di rumah lampunya. Terlihat kotor bukan dashboard tempat duduk laci ? Bersihkan sekalian dengan kuas kecil dan kanebo untuk menghilangkan debu yang menempel.
Selanjutnya menuju laci yang telah dilepas. Cabut keluar rumah bohlam lampu penerangan laci dan ganti bohlam cabe pijarnya dengan bohlam tipe LED sesuai warna yang diinginkan. Sekalian lepas rumah lampu dari lacinya dengan mengungkit secara perlahan klip penguncinya dan bersihkan kembali reflektor lampu dan kacanya.
Setelah proses bersih - bersih rumah lampu selesai dan bohlam LED sudah terpasang di rumahnya, kini saatnya merangkai kembali laci ke rumah dashboardnya. Cara pemasangannya adalah kebalikan dari proses melepasnya tadi. Jangan lupa sebelumnya cek apakah lampu laci sudah menyala normal saat pintu mobil terbuka, supaya tidak kembali melakukan bongkar pasang. Kencangkan kembali baut pengikat laci dan pasang cover penutupnya di kanan dan kirinya. Trada .... selesai dan lacipun kini bersinar terang.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar