Rabu, 17 Juni 2015

Mengganti Lampu Senja Toyota ist Dengan Tipe LED

Lama rasanya tidak menulis mengenai artikel "Do It Yourself" di blog ini, meskipun ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan otomotif yang sudah dilakukan secara mandiri. Kali ini saya akan berbagi tips ringan membuat tampilan "mata" Toyota ist menjadi lebih menarik dan terang benderang. Sebagaimana kita ketahui bersama, oleh pabrikan biasanya bohlam lampu yang disematkan di mobil masih berupa bohlam lampu pijar. Kelebihan dari bohlam tipe ini adalah harganya yang lebih murah, namun memiliki kekurangan dari intensitas sinar yang kalah terang jika dibandingkan dengan tipe bohlam yang lain, seperti tipe LED misalnya. Selain itu, tipe bohlam pijar lebih banyak mengkonsumsi daya listrik dan seiring dengan usia pakainya, pancaran sinarnya akan semakin redup. Atas pertimbangan tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk bereksperimen sendiri mengganti bohlam lampu senja dari tipe bohlam pijar ke tipe LED. Kelebihan LED, antara lain memiliki pancaran sinar yang lebih terang, konsumsi daya listrik yang lebih kecil dan usia pakai jauh lebih lama.
Cara mengganti bohlam lampu senja pada Toyota ist sangatlah mudah. Posisinya berada di kanan dan kiri sebelah bawah dari lampu utama. Tidak perlu mencabut soket lampu, cukup putar rumah lampu senja ke arah kanan untuk melepaskannya dan cabut keluar. Khusus untuk lampu utama sebelah kiri harus melepas baut pengikat snorkle filter udara supaya tangan kita dapat meraih rumah lampu senja karena space yang tersedia cukup sempit. Untuk memasangnya kembali kebalikan dari cara melepasnya tadi.
Sebelumnya lampu senja Toyota ist menggunakan bohlam pijar biasa, saya coba ganti menggunakan lampu LED mode biji dimana dalam satu lampu terdapat 4 biji lampu LED menghadap ke atas. Hasilnya bisa dilihat pada foto dibawah ini.

Sudah mulai terlihat perbedaannya ? Terlihat lampu LED di sebelah kiri memancarkan cahaya yang putih dibandingkan dengan bohlam pijar di sebelah kanan. Namun luas area pancarannya masih lebih luas milik bohlam pijar, karena lampu LED hanya berada di posisi atas saja. Oleh karena itu, tipe LED saya ganti dengan menggunakan tipe LED plasma yang posisi LED merata di sisi tepi dan atas. Hasilnya, selain pancaran sinarnya lebih putih juga area pancarannya jauh lebih luas. Berikut ini hasil perbandingannya.
Terlihat jelas bukan perbedaan luas pancarannya ? Berikut ini kenampakan lampu senja setelah terpasang pada rumah lampunya dan perbandingannya dengan menggunakan bohlam pijar biasa.
Selamat mencoba. Salam.

1 komentar:

  1. Mantep gan tipsnya. dah saya cb dan it works. tx

    BalasHapus