Selasa, 18 Februari 2014

Inikah Next Yamaha King of GT ?

Mengawali tahun 2014, Yamaha beberapa waktu yang lalu meluncurkan kasta tertinggi dari GT series, yaitu GT125 Eagle Eye. Meskipun untuk saat ini varian GT125 Eagle Eye merupakan varian tertinggi di bawah varian flagship Yamaha T Max, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan hadirnya varian baru yang diposisikan sebagai king of GT. Kondisi ini tidak lepas dari kompetitor yang telah lebih dulu memasukkan varian PCX150 yang diposisikan sebagai flagship skutik. Berdasarkan data AISI bahwa pada tahun 2013 kemarin PCX150 berhasil didistribusikan ke tangan konsumen sebanyak 3.888 unit dimana merupakan angka yang tidak sedikit jika dilihat dari harga yang disematkan, yaitu Rp 36.800.000, meskipun terkompensasi oleh fitur - fitur canggih yang disematkannya.

Saat ini kandidat skutik Yamaha yang masuk di segmen 150cc adalah Yamaha Smax 150. Dengan dimensi (pxlxt) 2.030 x 715 x 1.115 mm dan berat 138 Kg, motor ini masih ergonomi untuk postur tubuh orang asia (perhatikan scalecheck). Berpengabut bahan bakar injeksi closed loop, matic ini dibekali mesin 155cc SOHC 4 valve.
 
Selain itu, Yamaha Smax menawarkan fitur DRL (Day Running Light) berupa lampu LED di sisi kanan dan kiri lampu utama, lampu utama H4, speedometer digital yang informatif menampilkan putaran rpm mesin, kecepatan, trip meter, odometer, jam, tegangan aki dan konsumsi bahan bakar, kunci kontak yang terintegrasi dengan pembuka jok dan tutup tangki bahan bakar, lubang pengisian bahan bakar di area depan jadi pengendara tidak perlu turun dari motor, console box, jok bertingkat yang lembut, bagasi ekstra luas yang mampu menampung helm full face, lampu rem LED, pengereman disk brake untuk roda depan twin piston dan belakang single piston dan penempatan suspensi belakang secara horisontal di samping kanan (seperti Kawasaki ER6) memberikan kenyamanan dalam berkendara. Yang membedakan dengan skutik kompetitor adalah tipe rangkanya, dimana tipe rangka kompetitor menggunakan model back bone sedangkan Yamaha Smax menggunakan rangka diamond dengan dek rata yang memberikan ruang kaki ekstra luas. Dengan melokalkan Smax dan menerapkan pricing strategy yang pas, untuk membukukan penjualan sebanyak 5.000 unit/tahun adalah hal yang tidak sulit bagi Yamaha Indonesia.
 

 
 
 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar