Minggu, 14 September 2014

MotoGP Race Misano : Kemenangan Pertama Rossi di Balapan Kandang, Mimpi Buruk Kedua Bagi Marquez

Meski mengawali balapan dari posisi start ketiga di belakang Jorge Lorenzo sang pole sitter dan Andrea Iannone di posisi kedua, namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah sang maestro untuk meraih hasil terbaik pada balapan kandang di Sirkuit Misano kali ini. Saat lampu start padam, Lorenzo segera menggunakan keunggulan posisinya untuk melaju ke depan dan memipin balapan diikuti oleh Valentino Rossi dan Marc Marquez. Pada awal - awal lap saling overtake memperebutkan posisi kedua terjadi dengan seru antara Rossi dan Marquez. Konsistensi dan semangat Rossi di balapan kandang sangat kuat kali ini sehingga dapat terus bertahan dari tekanan Marquez, bahkan mampu mengambil alih posisi puncak dari Jorge Lorenzo.
Kesalahan dalam pemilihan tipe ban depan membuat catatan waktu Lorenzo lebih lambat dibandingkan dengan Valentino Rossi dan Marc Marquez. Pada balapan ini Lorenzo melakukan kombinasi ban depan tipe hard dan medium untuk ban belakang, sedangkan mayoritas pembalap lainnya menggunakan tipe ban medium untuk depan dan belakang. Kesalahan ini diakui Lorenzo saat sesi wawancara seusai race. Meski demikian, Lorenzo senang karena pada balapan kali ini tim Yamaha mampu menduduki posisi finish satu dan dua. Pada balapan kali ini Marc Marquez terlihat cukup kuat dengan beberapa kali mencatatkan fastest lap dan terus merongrong posisi Rossi. Namun Marquez melakukan kesalahan dan tergelincir sehingga terjatuh di tikungan dan sempat mengalami kesulitan saat mencoba menghidupkan kembali mesin motornya.

Kemenangan kali ini bagi Valentino Rossi terasa sangat spesial karena selain menang di kampung halamannya di depan para fans dan keluarga, juga karena mampu mencatatkan rekor sebagai pembalap pertama dengan raihan 5.012 poin Grand Prix sekaligus kemenangan yang ke-107 kali dalam karirnya, 192 podium di semua kelas dan 156 podium yang dibuat di MotoGP. Bagi Jorge Lorenzo meskipun harus kecewa tidak mampu meraih kemenangan tertinggi kali ini meski mengawali balapan dari pole position, namun tetap memberikan kesenangan tersendiri karena Tim Yamaha Factory Racing mampu finish di podium satu dan dua. Sedangkan bagi Marc Marquez balapan kali ini merupakan mimpi buruk kali kedua setelah di dua seri sebelumnya hanya finish di posisi empat. Hasil balapan kali ini hanya menempatkan Marquez di posisi kelima belas. Selisih poin antara Marquez dengan Pedrosa dan Rossi memang masih sangat lebar dengan selisih 74 dan 75 poin. Namun setidaknya hasil balapan kali ini memberikan gambaran betapa semakin ketatnya persaingan antara dua tim besar pabrikan Honda dan Yamaha di sisa seri terakhir dan segala sesuatu dapat terjadi. Kita nantikan balapan - balapan selanjutnya. Berikut ini hasil lengkap balapan seri Misano Italy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar