Senin, 08 September 2014

Komparasi CBR150R vs YZF R15

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kemarin, hari Minggu (7/9) secara resmi AHM melaunching motorsport fairing baru mereka yang diproduksi secara lokal yaitu Honda CBR150R. Motor ini akan menggantikan posisi motorsport fairing segmen 150cc yang sebelumnya didatangkan secara import dari Thailand yaitu CBR150. Peluncuran ini sekaligus jawaban Honda atas tantangan Yamaha Indonesia yang telah sebelumnya merilis motorsport fairing yang juga diproduksi secara lokal yaitu YZF R15. Bahkan secara harga yang ditawarkanpun Honda berani head to head dengan harga yang ditawarkan Yamaha, yaitu 29,1 juta untuk versi livery Repsol dan 28,5 juta untuk versi biasa, dimana harga versi Repsol ini sama dengan harga yang dipasang Yamaha untuk YZF R15. Dengan menawarkan dua tipe dengan dua harga yang berbeda, terlihat Honda berusaha memperkecil keunggulan Yamaha yang hanya menawarkan satu versi dengan satu harga.
Meskipun dalam acara launching kemarin pihak Honda memberikan kesempatan kepada awak media dan para blogger untuk melakukan test ride, namun terbatasnya track untuk test ride hanya memberikan impresi ringan kepada para test rider. Untuk itu pada tahap ini coba dikomparasikan kedua produk unggulan tersebut secara di atas kertas sesuai dengan yang tertera di web resmi masing - masing produsen (web Yamaha dan web Honda). Secara model, Honda CBR150R menawarkan model yang mirip dengan sang kakak, yaitu Honda New CBR250 dengan dual headlightnya. Sedangkan Yamaha YZF R15 mewarisi model turunan dari moge supersport YZF R6 dengan garis desain serba runcing. Adapun perbandingan spesifikasi teknisnya dapat dilihat dalam tabel berikut.

Dari tabel di atas terlihat CBR150R memiliki wheelbase lebih kecil daripada YZF R15, sehingga diharapkan CBR150R pengendaliannya lebih lincah dalam bermanufer, sebaliknya YZF R15 menawarkan pengendalian yang mantap dan stabil dalam kecepatan tinggi. Seat high yang lebih rendah dibandingkan YZF R15 membuat CBR150R lebih bersahabat bagi rider dengan ketinggian yang cukup mungil, namun YZF R16 menawarkan riding position yang lebih racy dengan posisi nungging akibat dari seat high yang lebih tinggi. Kedua produk sama - sama telah membekali mesinnya dengan transmisi 6 percepatan dan mesin dengan 4 katup per silinder, meskipun CBR150R menganut DOHC sedangkan YZF R15 cukup pede dengan SOHC. Tipe overbore dianut oleh CBR150R dengan bore x stroke 63.5 x 47.2 mm dimana putaran mesin akan dengan cepat terkail sampai putaran tertingginya guna mencapai daya terbaiknya. Sedangkan YZF R15 mengandalkan tipe overstroke dengan bore x stroke 57.0 x 58.7 mm yang bisa dibilang hampir square antara bore dengan strokenya, sehingga tenaga motor yang dihasilkan akan merata di setiap tingkatan rpm plus mampu mengail torsi yang lebih besar pada rpm yang lebih rendah. Dengan daya maksimum yang lebih rendah 0.5 PS dari CBR150R tidak membuat ciut nyali YZF R15 karena daya sebesar 16.6 PS tersebut dikail pada kitiran mesin 8.500 rpm atau lebih cepat 2.000 rpm dari daya maksimum yang dikail CBR150R sebesar 17.1 PS pada 10.500 rpm. Pun demikian dengan torsi yang ditawarkan, meskipun torsi maksimal keduanya dikail pada rpm yang sama yaitu 7.500 rpm, namun YZF R15 memiliki torsi 1.5 Nm lebih besar dari CBR150R. Dengan spek yang demikian, di atas kertas Yamaha YZF R15 akan memiliki keunggulan dalam hal berkendara stop & go karena didukung torsi yang lebih besar juga akan berimbas kepada konsumsi bbm yang lebih hemat. Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah Power to Weight rasionya, dimana akan membandingkan daya yang digunakan untuk memikul berat tiap kilogramnya. Dengan berat kosong sebesar 143 kg Honda CBR150R memiliki PWR sebesar 0.119 PS/Kg dimana nilai tersebut akan mengecil ketika diukur dengan menggunakan berat isi kendaraan. Sedangkan Yamaha YZF R15 memiliki keunggulan PWR pada kondisi berat isi sebesar 0.122 PS/Kg.

Dengan harga yang sama serta membawa nama besar produsen Jepang, tentu bukan perkara yang mudah untuk menjatuhkan pilihan. Kembali lagi penentuannya akan sangat dipengaruhi oleh fitur yang diusung oleh kedua motor tersebut. Apakah dengan harga 29.1 juta tersebut dirasa sebanding dengan fitur mesin DOHC 4 Valve pada Honda CBR150R ataukah lebih sebanding dengan fitur yang ditawarkan Yamaha YZF R15 dengan mesin SOHC 4 Valve plus frame Deltabox, lengan ayun alumunium banana dan lampu rem LED ? Pilihan kembali kepada anda. So, think smart and make your decision.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar