Sebagaimana dikutip dari web Yamaha Indonesia (disini), bahwa pada tahun 2014 ini Yamaha menerima penghargaan Corporate Image Award yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group. Berikut ini kutipan lengkapnya.
JAKARTA - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali
meraih Corporate Image Award (IMAC) 2014 yang digelar Tempo Media Group
dan Frontier Consulting Group. Penghargaan diterima langsung oleh Presiden Direktur PT YIMM, Yoichiro Kojima di Hotel Mulia Senayan pada Selasa 3 Juni 2014 lalu.
PT YIMM menerima penghargaan Corporate Image untuk
kategori Automotive 2 Wheel. Pada kesempatan ini Dyonisius Beti,
Executive Vice President Director PT YIMM mengatakan kalau penghargaan
yang diterima Yamaha Indonesia diajang ini merupakan hasil kerja keras
selama setahun terakhir ini. Termasuk seiring booming hadirnya duo
YZF-R15 dan YZF-R25 dan terjualnya ribuan unit dalam sehari melalui
pembelian inden online, penghargaan Corporate Image Award ini kian
menegaskan imej Yamaha sebagai korporat otomotif roda dua terbaik di
Tanah Air. ”Tahun 2014 ini kami masuk dalam Corporate Image Award.
Yamaha terpilih sebagai pemenang kompetitif dalam penjualan sepeda
motor. Ternyata kerja keras kami selama setahun terakhir ini dinilai
sebagai pemenang Corporate Image 2014. Penghargaan ini yang dinilai
oleh CEO perusahaan dan wartawan yang masuk dalam analisa mereka
sebagai perusahaan yang kompetitif. Di sini kami terus membangun brand
image produk kita. Program ke depannya kami terus-menerus melakukan
pendekatan kepada masyarakat supaya produk kita bisa diterima di
konsumen. Harapannya dengan diluncurkan Yamaha R15 dan R25 bisa terjual
dalam waktu hitungan cepat. Jadi konsumen selalu kita puaskan, agar
mereka puas dengan produk Yamaha,” ujar Dyonisius Beti.
Metode Pemilihan Pemenang
IMAC Award ini merupakan hasil dari survey terhadap empat
kelompok responden, yaitu manajemen/pelaku bisnis, investor, jurnalis
dan masyarakat yang mencakup 86 kategori industri. Pengukuran tersebut
menggunakan empat dimensi yaitu Quality, Performance, Responsibility dan
Attractiveness. Dimensi Quality terdiri dari 4 atribut, yaitu
“perhatian terhadap konsumen tinggi”, “produk / jasa berkualitas
tinggi”, “perusahaan yang dapat dipercaya”, dan “perusahaan yang
inovatif”. Untuk dimensi Performance terdiri dari dua atribut yaitu,
”perusahaan yang memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang” dan
“perusahaan yang dikelola dengan baik”. Sedangkan untuk dimensi
Responsibility juga terdiri dari dua atribut yaitu, “perusahaan yang
peduli dengan lingkungan” dan “perusahaan yang memiliki tanggung jawab
sosial”. Dimensi Attractiveness terdiri dari dua atribut yaitu,
“perusahaan merupakan tempat kerja idaman” dan “perusahaan memiliki
karyawan yang berkualitas”.
Kriteria responden di kelompok manajemen adalah mereka yang
mempunyai jabatan minimal manager pada perusahaan/jasa dan berusia
antara 30 hingga 65 tahun. Responden investor diambil dari mereka yang
pernah melakukan transaksi saham dalam satu tahun terakhir atau saat ini
menanamkan modal dalam bentuk saham, obligasi, atau reksadana pada
perusahaan tertentu. Usia responden investor berkisar 30 tahun hingga
65 tahun. Responden junalis adalah jurnalis ekonomi dan industri dari
berbagai media berusia antara 25 tahun hingga 65 tahun. Sementara
responden publik adalah masyarakat umum dengan usia 25 tahun hingga 65
tahun dengan pengeluaran minimal 6 juta per bulan.
Survey Langsung Memilih Pemenang
Jumlah responden yang dilibatkan 2735 responden. Survai
dilakukan dengan cara Face to Face Interview dan Telephone Interview.
Metode pengambilan sampel Face to Face Interview untuk responden manajemen dan stock holder, jurnalis menggunakan Purposive Sampling dan untuk masyarakat umum menggunakan Multistage Area Random Sampling. Telephone Interview dilakukan untuk masyarakat, manajemen, dan investor pengambilan sampelnya adalah Random Sampling
dari database ketiga panel tersebut. Waktu pelaksanaan survei pada
Maret hingga April 2014. Total responden untuk survei Corporate Image
2014 adalah 1034 panel publik, 873 panel manajemen, 698 panel
invenstor, dan 130 panel jurnalis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar