Rabu, 12 Maret 2014

Penjualan MPV Honda Mobilio Bulan Februari Salip Daihatsu Xenia, Efek Spike ?

Sebagaimana diberitakan detikOto (disini) bahwa penjualan MPV Honda Mobilio di bulan ke-2 tahun ini mengalami lonjakan yang cukup besar. Setelah dilaunching pada 25 Januari kemarin, permintaan Honda Mobilio di bulan yang sama mencapai 1.508 unit. Memasuki bulan ke-2 Februari permintaan oleh konsumen mengalami kenaikan 514 % menjadi 7.749 unit setelah kran inden dibuka oleh Honda. Bahkan hingga saat ini total inden sudah mencapai 20.000 unit. Penjualan Honda Mobilio di bulan Februari kemarin mampu meraup 12 % market share di kelas small mpv, sekaligus mengungguli jumlah penjualan produk kompetitor Daihatsu Xenia yang terjual sebanyak 5.137 unit dan menduduki peringkat kedua. Posisi puncak pasar small mpv masih kokoh dipegang oleh Toyota Avanza yang di bulan yang sama mampu terjual sebanyak 15.708 unit.

Bagusnya respon pasar terhadap kehadiran Honda Mobilio tidak lepas dari kelengkapan fitur yang ditawarkan. Meskipun hadir sebagai penantang terakhir namun apa yang ditawarkan oleh Honda Mobilio tidak dapat dipandang sebelah mata. Meski hanya menggendong mesin SOHC 1.5 liter, namun ternyata mesin ini mampu menghasilkan daya dan torsi yang terbesar di kelasnya, pun mampu menawarkan konsumsi BBM yang bersahabat serta didukung kompartemen kabin yang lapang. Akan lebih menggiurkan ketika menilik harga yang ditawarkan kepada konsumen, untuk tipe S M/T Rp 159.5 juta, tipe E M/T Rp 170 juta, tipe E CVT Rp 189.5 juta, dan tipe tertinggi E CVT Prestige ditawarkan hanya seharga Rp 198 juta OTR Jakarta. Tinggal menunggu respon pasar di bulan - bulan selanjutnya, apakah progres penjualan Honda Mobilio mampu bertahan di angka tersebut bahkan mengalami kenaikan ataukah progres penjualan yang dicapai pada bulan kemarin hanya efek dari demam spike oleh konsumen terhadap produk baru ? Kita amati bersama selepas bulan ketiga dari peluncurannya. Apapun itu, dengan makin banyaknya produsen yang mengeluarkan produknya untuk bersaing dengan produk kompetitor serta dengan harga yang kompetitif, maka konsumen lah yang akan diuntungkan dengan memiliki banyak pilihan serta kelengkapan fitur yang berlimpah. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar