Rabu, 29 Januari 2014

Honda Mobilio Memperpanas Peperangan Small MPV

Sabtu (25/1/2014) kemarin, Honda Prospect Motor memperkenalkan kepada publik mengenai jagoan anyar mereka di kelas small MPV yang dilabeli Mobilio. Kondisi ini mempertegas bahwa Honda mulai turut serta bermain di red ocean small MPV yang selama ini dikuasai oleh kompetitor. Bagaimana tidak menggiurkan, jika tahun 2013 kemarin Toyota berhasil menjual tipe Avanza sebanyak 213.458 unit, Daihatsu berhasil menjual tipe Xenia sebanyak 64.611 unit, Suzuki berhasil menjual tipe Ertiga sebanyak 63.317 unit dan Nissan dengan tipe All New Grand Livina-nya berhasil menjual sebanyak 35.422 unit. Untuk tahun 2014 ini Honda mematok target penjualan sebanyak 170.000 unit dengan target penjualan Mobilio sebanyak 80.000 unit. Dengan target sebanyak itu, tentu Honda Prospect Motor sudah mempersiapkan Mobilio dengan segudang fitur menarik guna memikat konsumen untuk meminangnya.

Saat ini, pasar memiliki beberapa pilihan small MPV mulai dari tipe pahe dengan fitur ala kadarnya sampai dengan tipe termewah dengan kelengkapan fitur lengkap. Sebagai pendatang baru, Honda Mobilio tentu secara head to head akan dikomparasikan oleh konsumen dengan small MPV dari produk kompetitor yang telah lama bermain di segmen ini. Berbekal tipe termewah yaitu Mobilio E CVT Prestige, coba kita bandingkan spesifikasinya dengan ketiga small MPV dengan penjualan tertinggi, yaitu Toyota Avanza Velos A/T, Suzuki Ertiga GX A/T Elegant Plus dan Nissan All New Grand Livina 1.5 HWS CVT.


Dari tabel di atas menunjukkan bahwa tiap produk sudah melengkapi diri dengan fitur yang seragam. Mulai dari fitur kenyamanan suspensi, electronic power steering, transmisi otomatis, multi information display dan keyless entry sampai dengan fitur keselamatan dengan melengkapi sabuk pengaman di tiap baris bangku, SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang di samping pengemudi, pelindung benturan samping dan pengereman dengan ABS dan EBD. Toyota Avanza velos menawarkan ground clearance 200 mm yang tertinggi diantara kompetitor yang lainnya dan radius putar 4.7 m terkecil diantara kompetitor yang lainnya. Suzuki Ertiga menawarkan jarak pijak roda depan dan belakang terlebar di kelasnya sehingga mampu memberikan kestabilan bermanuver dan wheelbase terpanjang sehingga menciptakan jarak antar baris kursi yang lebih lapang. Nissan All New Livina menawarkan panjang kendaraan 4.485 mm yang terpanjang di kelasnya sehingga memberikan ruang bagasi yang luas dan ruang kaki yang lebih luas, fitur braking assist yang akan membantu pada saat pengereman darurat dengan mendistribusikan lebih banyak tekanan yang merata ke tiap roda serta model eksterior yang lebih elegan dibandingkan dengan model Livina lawas. Sedangkan Honda Mobilio dengan harga paling murah di kelasnya menawarkan tipe mesin SOHC yang mampu menghasilkan torsi 14.80 Kgm dan output power 118 Ps yang terbesar di kelasnya, sehingga mampu menciptakan konsumsi BBM yang lebih hemat dibandingkan dengan kompetitor.

Dengan kelengkapan fitur - fitur  yang mirip pada masing - masing produk serta selisih harga yang ditawarkan tidak begitu besar, maka poin yang akan dijadikan panduan dalam memilih produk mana yang memiliki value lebih adalah model dari masing masing produk. Berikut ini tampilan eksterior dari masing - masing produk tersebut.

Tampilan depan small MPV
Tampilan samping small MPV
Tampilan belakang small MPV
Bingung kan mau pilih yang mana ? Selamat menjatuhkan pilihan.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar