Minggu, 17 Mei 2015

MotoGP Le Mans 2015 : Lorenzo Puncaki Podium, Rossi Runner Up, Marquez Menegangkan Meski Tidak Podium

Seri motoGP Leman, Prancis kali ini meskipun pada awal - awal lap sedikit membosankan dengan dominasi Jorge Lorenzo, namun di sisa 10 lap terakhir balapan semakin panas dimana terjadi perebutan posisi kedua dan keempat. Jorge Lorenzo yang pada balapan kali ini memulai start dari posisi 3 mencoba melakukan start dengan baik meskipun masih lebih baik Andrea Dovizioso yang memulai start dari posisi 2. Namun memasuki tikungan ketiga Lorenzo mampu memanfaatkan melebarnya Dovisiozo dengan baik sehingga mampu merebut posisi 1. Sedangkan Marc Marquez yang mengawali start dari pole position harus tergusur ke urutan kelima akibat start yang kurang baik ditambah lagi sempat terjadi senggolan dengan motor pembalap Andrea Iannone menjelang tikungan pertama. Dengan sedikit beresiko beberapa tikungan kemudian Marquez mencoba mengambil alih posisi terdepan dari arah dalam, namun akibat melebar Marquez harus kembali mundur ke belakang.
Begitu posisi terdepan di tangan Lorenzo, Lorenzo berusaha mempertahankannya dari rongrongan pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang sampai akhir balapan tetap bertahan di posisi pertama. Valentino Rossi yang start dari posisi ketujuh mampu melakukan start dengan baik meskipun pada tikungan pertama kembali ke posisi enam. Namun selang 3 lap berlalu, Rossi mulai mendapatkan irama motornya dan mulai mengovertake Bradley Smith dan Marc Marquez di depannya dan menduduki posisi keempat. Posisi keempat ternyata belum cukup memuaskan bagi Rossi. Dengan brilliant Rossi mulai memburu dan mengovertake Andrea Iannone di posisi 3 dan beberapa lap selanjutnya mengklaim posisi 2 dari Andrea Dovizioso. Meskipun Dovizioso sempat kembali memburu Rossi namun Rossi mampu memperlebar jarak dan mengamankan posisi runner up hingga menyentuh garis finish.
Pertarungan paling sengit terjadi antara Andrea Iannone dan Marc Marquez yang memperebutkan posisi ke empat di sisa 5 lap terakhir. Marquez yang sebelumnya sempat diovertake oleh Bradley Smith dan berada di posisi 6, namun menjelang akhir balapan mampu menemukan kembali ritmenya dengan langsung mengovertake Smith dan Iannone. Andrea Iannone yang ingin mempertahankan posisi keempat tercatat beberapa kali saling overtake dengan Marquez di tikungan - tikungan lambat dengan posisi motor yang sangat berdekatan. Benar - benar menegangkan. Saling overtake ini berlangsung setidaknya sampai dengan 2 lap menjelang akhir balapan. Hingga akhirnya posisi finish secara berurutan adalah Lorenzo - Rossi - Dovizioso - Marquez - Iannone dan Smith. Pada balapan kali ini Dani Pedrosa juga sudah turun kembali balapan setelah absen di 3 seri sebelumnya akibat pemulihan cidera arm pump yang dideritanya. Sayangnya Pedrosa sempat terjatuh dan kembali harus melanjutkan balapan dari posisi buncit, meskipun di akhir balapan Pedrosa mampu finish di urutan ke 16. Berikut ini hasil akhir balapan beserta kualifikasi poin sementara pembalap motoGP. Pertarungan akan semakin memanas di seri - seri selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar