Senin, 30 Maret 2015

Race MotoGP Qatar 2015 : Giliran Rossi yang Menggebrak di Seri Pembuka

Balapan motoGP seri pembuka musim 2015 yang selesai dihelat di Sirkuit Loasil tadi malam benar - benar berlangsung seru. Diawali dengan gebrakan oleh Tim Ducati yang menempatkan Andrea Dovizioso di posisi pole, dilanjutkan dengan gebrakan The Doctor Valentino Rossi yang mampu finish terdepan saat balapan meskipun harus mengawali start dari posisi 8. Tim Ducati dan Repsol Honda terlihat akan sangat mendominasi pada balapan kali ini dengan menempatkan kedua pembalapnya di barisan terdepan, diawali oleh Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa, Marc Marquez dan Andrea Iannone. Sementara Tim Factory Yamaha hanya menempatkan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di urutan keenam dan kedelapan. Meski start dari grid kedua dan ketiga tidak menyurutkan niat Lorenzo dan Rossi untuk memenangi balapan, hal ini dibuktikan dengan start yang bagus oleh Lorenzo dengan langsung berada di posisi kedua di belakang Dovizioso.
 
Perebutan posisi pertama berlangsung sengit antara Dovizioso, Lorenzo dan Iannone selama 8 lap pertama, sampai dengan bergabungnya Rossi ke dalam perebutan posisi pertama. Di sisa 3 lap terakhir, perebutan posisi pertama antara Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso berlangsung semakin sengit. Dovizioso dengan Ducati yang unggul di top speed dengan mudah mengovertake Rossi di atas Yamaha pada lintasan lurus Losail. Namun Rossi membalas overtake di tikungan berikutnya, sampai akhirnya Rossi unggul dari Dovizioso hanya dengan 0.174 detik. Sementara itu Lorenzo terlihat mulai kehilangan grip ban setelah bertarung sengit di awal - awal lap dengan Ducati hingga akhirnya harus puas finish di urutan keempat di belakang pembalap Ducati Team Andrea Iannone yang finish ketiga.
Start kurang bagus dialami oleh duo Repsol Honda, dimana Marquez harus melebar ke luar lintasan di tikungan pertama akibat menhindari bersenggolan dengan pembalap lainnya. Meski sempat tercecer di urutan ke-17 namun perlahan - lahan mampu menyalip pembalap lainnya dan finish di urutan kelima. Sementara rekan satu timnya, Dani Pedrosa harus puas finish di urutan keenam tepat belakang Marquez. Tim Suzuki yang pada musim ini kembali lagi ke kancah motoGP berhasil menempatkan pembalapnya Aleix Espargaro di urutan ke-11 dan Maverick Vinales di urutan ke-14. Cukup berpotensi mengingat Suzuki sendiri telah lama meninggalkan kancah motoGP beberapa musim yang lalu. Berikut ini hasil race selengkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar