Kamis, 08 Mei 2014

Layak Menjadi Next FZ-16 Byson


Yamaha Byson saat ini menjadi salah satu varian naked muscle bike dari Yamaha Indonesia selain Yamaha Scorpio 225. Meskipun mengusung kubikasi mesin 160cc dimana lebih kecil dari Scorpio dengan 225cc, namun namun style yang ditawarkan mewakili aura gen moge FZ Yamaha. Dibekali dengan shock absorber depan berdiameter 41 mm, ukuran ban depan/belakang 100/80-17 dan 120/70-17, headlamp V shape, panel speedometer dan tachometer LCD digital, suspensi belakang adjustable monocross dengan 7 tingkat penyetelan, velg cast wheel 5 palang dan knalpot model mid-ship membuatnya tampil gagah dan menawan. Namun sayangnya motor yang diluncurkan sejak Agustus 2010 ini masih dibekali dengan mesin SOHC 2 valve berpendingin udara serta sistem pengereman belakang yang masih menganut model tromol. Pembaruan selama ini hanya bersifat permainan warna bodi dan striping saja. Sedangkan saat ini regional Yamaha eropa telah meluncurkan versi naked Yamaha YZF R125 yaitu Yamaha MT-125 dengan fitur yang mirip dengan varian fairingnya.
Akan sangat menarik seandainya Yamaha Indonesia mau memposisikan varian naked dari R125 ini sebagai penerus gen Yamaha Byson. Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bukankan frame deltabox dan tipe mesin SOHC 4 valve berpendingin cairan sudah menjadi trademark-nya Yamaha Vixion dan R15 ? Memang benar dan biarlah tetap seperti itu, Vixion dan R15 akan berjalan beriringan, dimana Vixion menyodorkan naked bike elegan sporty dan R15 sebagai sport fairing, adapun varian FZ-16 aka Byson diposisikan sebagai naked muscle bike. Saat ini Yamaha Byson sudah memasuki tahun ke-5 dimana sudah waktunya untuk melakukan mayor chance, bukan hanya sekedar perubahan warna dan striping.
Untuk frame masih bisa mengandalkan type diamond seperti yang sekarang, namun untuk mesin sudah wajib harus injeksi plus fitur forged piston dan diasil cylinder meskipun masih SOHC 2 valve. Dengan pengaplikasian tersebut diharapkan power dan torsi yang dihasilkan dapat lebih tinggi dibandingkan dengan tipe mesin lama yang hanya menghasilkan power 13.73 PS / 7.500 rpm dan torsi 13.6 Nm / 6.000 rpm. Cukup dengan mengambil garis desain MT-125 untuk menggantikan desain FZ-16 dan melengkapi fitur lengan ayun belakang dengan tipe alumunium banana serta rem belakang tipe cakram, dijamin New Byson akan semakin kekar, gagah dan mewah. Bagaimana menurut anda?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar