Minggu, 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya : Kemenangan Beruntun Ke-4 Lorenzo, Yamaha Podium 1 - 2, Marquez Kembali Terjatuh

MotoGP seri Catalunya hari ini menjadi podium 1-2 bagi tim Yamaha Factory Racing setelah seri Le Mans dengan menempatkan Jorge Lorenzo di podium pertama dan Valentino Rossi di podium kedua. Adapun podium ketiga ditempati oleh Dani Pedrosa dari tim Repsol Honda yang sekaligus menyelamatkan muka tim pabrikan Honda setelah Marc Marquez terjatuh di tikungan ke-10 pada lap ketiga. Adapun pembalap dari tim pabrikan Suzuki Ecstar yang mendominasi sesi kualifikasi dan mengklaim posisi start 1-2 harus puas finish di posisi ke-6 oleh pembalapnya Maverick Vinales sedangkan sang pole sitter Aleix Espargaro harus tersingkir akibat terjatuh di 5 lap menjelang finish.
Pembalap tim Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo yang start dari posisi ke-3 langsung memimpin jalannya balapan dengan melakukan start yang sempurna sejak tikungan pertama. Meskipun sempat ditekan oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, Lorenzo mampu mempertahankan posisi terdepan sampai Marquez terjatuh di tikungan ke-10 akibat menghindari tabrakan dengan Lorenzo. Pada seri Catalunya ini terlihat Marquez masih mengalami masalah dengan getaran di bagian belakang motornya dan kesulitan melakukan pengereman keras sehingga hampir menabrak Lorenzo. Selain Marquez, masih banyak pembalap lain yang terjatuh atau mengalami gangguan pada motornya yang memaksanya untuk tidak finish, sehingga di akhir balapan hanya menyisakan 16 orang pembalap saja.
Sementara itu, Valentino Rossi yang seperti pada balapan - balapan sebelumnya harus mengawali lomba dari urutan ke-7 mampu menemukan ritme balapnya dan mengklaim posisi kedua pada lap keempat dengan gap waktu 1,5 detik di belakang Lorenzo. Meskipun di akhir-akhir balapan Rossi terlihat mampu memangkas jarak dengan Lorenzo namun tetap tidak berhasil mengambil alih posisi pertama dari Lorenzo dan finish kedua dengan gap waktu 0.885 detik dibelakang Lorenzo. Dani Pedrosa yang pada awal balapan terlihat kurang begitu diunggulkan untuk finish di podium, akhirnya secara bertahap mampu mengovertake beberapa pembalap didepannya dan berhak finish di podium ketiga. Dengan hasil ini, klasemen pembalap sementara masih dipimpin oleh Valentino Rossi yang unggul 1 point dari peaing terdekatnya Jorge Lorenzo, diikuti oleh pembalap Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso serta Marc Marquez di posisi kelima. Berikut ini hasil lengkapnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar