Selasa, 23 Desember 2014

Sholat Dhuha Yuuk ...

Sholat dhuha, saya yakin mayoritas dari kita pasti pernah mendengar salah satu jenis sholat sunah tersebut. Namun, hanya minoritas dari kita yang mau dan mampu secara istiqomah menjalankan ibadah sunah tersebut, entah karena alasan sedang sibuk bekerja, lupa, tidak ada tempat untuk melaksanakannya di kantor atau sejuta alasan yang lain. Ya, selain amalan sholat wajib 5 kali sehari, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah - ibadah yang bersifat sunah, salah satunya adalah sholat sunah sebagai sabda Rasulullahi sholallahu 'alaihi wa sallam ;


إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِـهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمْ اَلصَّلاَةُ، قَالَ: يَقُوْلُ رَبُّنَا -جَلَّ وَعَزَّ- لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ: اُنْظُرُوْا فِيْ صَلاَةِ عَبْدِيْ، أَتَمَّهَا أَوْ نَقَصَهَا، فَإِنْ كَانَتْ تَامَّـةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً، وَإِنْ كاَنَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا، قَالَ: اُنْظُرُوْا هَلْ لِعَـبْدِيْ مِنْ تَطَوُّعٍ؟ فَإِنْ كاَنَ لَهُ تَطَوُّعٌ، قَالَ: أَتِمُّوْا لِعَبْدِيْ فَرِيْضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ، ثُمَّ تُؤْخَذُ اْلأَعْمَالُ عَلَى ذَلِكَ.


"Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali akan dihisab kelak pada hari Kiamat adalah shalatnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda lagi, "Allah  berfirman kepada para Malaikat-Nya, sedangkan Ia lebih mengetahui, 'Lihatlah shalat hamba-Ku, sudahkah ia melaksanakannya dengan sempurna ataukah terdapat kekurangan?' Bila ibadahnya telah sempurna maka ditulis untuknya pahala yang sempurna pula. Namun bila ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman, 'Lihatlah apakah hambaku memiliki shalat sunnah?' Bila ia memiliki shalat sunnah, maka Allah berfirman, 'Sempurnakanlah untuk hamba-Ku dari kekurangannya itu dengan shalat sunnahnya.' Demikianlah semua ibadah akan menjalani proses yang serupa." (H.R Abu Dawud).

Nah, sebenarnya apa saja sih keutamaan yang diperoleh dengan melaksanakan sholat dhuha secara istiqomah ? Berikut ini beberapa keutamaan melaksanakan sholat dhuha disarikan dari beberapa hadist ;
1. Digolongkan sebagai umat yang bertaubat. “Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (H.R Hakim).

2. Diampuni segala dosa-dosanya. “Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (H.R Turmudzi).

3.  Dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (H.R Abu Darda`).

4. Dihitung melaksanakan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (H.R Muslim).

5.  Dimasukkan ke dalam golongan ahli ibadah dan terhindar dari sifat lalai. “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At Thabrani).

6. Masuk surga melalui pintu khusus dhuha. “Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

Subhanallah, maha suci Allah yang begitu pemurahnya melimpahkan karunia dan ampunan kepada hamba-hamba-Nya. Ibadah sunah yang begitu ringan namun jika kita laksanakan secara istiqomah akan mendatangkan hikmah yang begitu besar. Jadi, mulai hari ini dan selanjutnya, kita sholat dhuha yuuk ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar